Friday , 18 April 2014

Pendaftaran Anggota DPD RI Sepi Peminat

Photo Ilustrasi/net

Photo Ilustrasi/net

CalegGorontalo.com РPEKANBARU РMeskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau sudah membuka pendaftaran untuk bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia  (DPD RI) sejak 9 April lalu, ternyata tidak mendapat respon dari sejumlah bakal calon. Buktinya, hingga hari ketiga pendaftaran, hanya nama Gafar Usman yang sudah melakukan pendaftaran.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Tengku Edy Sabli kepada halloriau.com, Jumat (12/4/2013) menyatakan, Abdul Gafar Usman menjadi kandidat pertama untuk balon anggota DPD RI asal Riau yang mendapaftar, dengan melampirkan bukti dukungan 3.000 orang.

“Setakad ini baru satu orang saja yang sudah mendaftar untuk menjadi calon anggota DPD RI yakni pak Abdul Gafar Usman, berikut bukti dukungannya,” jelasnya.

Menurut Edi, sepinya peminat dalam bursa pencaolan anggota DPD RI ini dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya syarat yang harus dipenuhi bakal calon, yakni mengundurkan diri dari jabatan sebagai Kepala Daerah,Wakil Kepala Daerah, PNS ataupun TNI/Polri.

” Ini sesuai dengan peraturan KPU pasal 12 Bab II tentang persyaratan menjadi bakal calon DPD, semuanya hrus dipenuhi baru bisa mencalonkan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, setiap bakal calon juga dituntut harus melampirkan bukti 3.000 dukungan yang dapat dilihat dari jumlah pengumpulan KTP pendukung tersebut. “Pendaftaran terakhir pada 22 April nanti,” tegasnya. Kondisi ini jelas berbeda dari Pemilu 5 tahun lalu, dimana bakal calon anggota DPD RI ramai peminat.

 

Sumber : http://halloriau.com/read-politik-33893-2013-04-12-pendaftaran-anggota-dpd-ri-sepi-peminat.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top